Unggul 3-2 Atas Vietnam, Indra Sjafri Tak Lupakan Peran Asisten Pelatih

waktu baca 2 menit
Minggu, 14 Mei 2023 17:46 0 10 Rahma Hidayat

Infosurabaya.net – Pelatih Timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri tak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah menang 3-2 atas Vietnam dan memastikan diri melaju ke final SEA Games 2023.

Menurut dia, bukan hanya pemain yang memiliki andil atas kemenangan itu, tetapi peran asisten dan tim pendukung yang dibawanya juga berperan besar.

Menurut Indra, dia memang tak memiliki waktu yang panjang untuk menyiapkan tim. Namun, dia percaya dengan asisten pelatih dan tim pendukung yang dipilih sekitar satu bulan sebelum SEA Games digelar.

“Pada Maret, saya mulai mempersiapkan tim dengan memilih staf kepelatihan dan tim pendukung,” katanya.

Tim pelatih dan tim pendukung itu antara lain ada Coach Kurniawan DY, Eko Purjianto, Bima Sakti, Nova Arianto, pelatih Fisik Alex Aldha, pelatih kiper Sahari Gultom dan juga Tim analis yang dipimpin Yeyen Tumena.

“Tim ini yang bekerja bersama psikolog yang didatangkan khusus, untuk membantu saya di turnamen di sini,” ungkap Indra.

Memang, selain tim teknis, psikolog yang hadir juga punya pengaruh besar mengangkat mental pemain sehingga tidak kalah dan kecil dahulu sebelum bertanding. Terbukti, melawan Vietnam, Indonesia bisa dua kali unggul dahulu, tetapi kemudian bisa disamakan.

Saat menyisakan sepuluh pemain di lapangan, Indra Sjafri pun mengubah strategi dan mencoba bermain lebih bertahan. Sebuah serangan balik yang dilancarkan, akhirnya bisa membuat kedudukan berubah, Indonesia yang bermain dengan sepuluh orang bisa mengalahkan Vietnam 3-2.

Dengan keberhasilan itu, mental pemain Timnas U-22 Indonesia harusnya semakin tebal jelang laga final. Sebab, di atas kertas, Thailand tidak lebih baik dari Indonesia. Buktinya, tim Gajah Perang hanya menang 3-0 lawan Myanmar. Sementara, Indonesia bisa menghajar Myanmar dengan skor telak 5-0.

Laga final SEA Games 2023 sendiri akan digelar pada 16 Mei mendatang di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja. Kick-off pertandingan puncak itu akan dimulai pada pukul 19.30 WIB.(dkk/jpnn/inikata)


13

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA